Sisa Lilin Mulai Berkerak Menjadikan Rumah Kotor! Atasi Dengan Solusi Berikut

GreenClean.id РLilin merupakan sumber cahaya yang telah digunakan manusia selama berabad-abad. Lilin yang terbuat dari bahan parafin kini banyak digunakan tidak hanya saat listrik padam, tapi juga perayaan ulang tahun, makan malam romantis hingga repelan terbang, itulah manfaat lilin biasanya. Akan tetapi Jika Anda menaruhnya sembarangan tentu saja lilin akan menetesi  dan mengotori benda di bawahnya. Jangan anggap enteng, noda ini susah dibersihkan lho. Jika ini terjadi pada Anda, jangan khawatir! kami akan memberi tahu Anda cara menyingkirkannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sisa Lilin Mulai Berkerak Menjadikan Rumah Kotor

Kerik Dengan Benda Tajam

Jika tetesan lilin jatuh di piring, gelas atau peralatan dapur lain yang digunakan sebagai alas. Anda cukup mengikis lapisannya. Anda juga bisa menggunakan koin, penggaris atau benda keras lainnya berupa piring. Jika kurang bersih, Anda bisa mencucinya menggunakan sabut kawat dan sabun. Setelah itu, tetesan lilin akan kembali bersih

Gunakan Es Batu

Anda dapat dengan mudah melepas karpet, taplak meja, atau pakaian berlapis lilin dengan es batu. Untuk melakukan ini, masukkan es ke dalam kantong plastik dan letakkan tepat di atas lilin beku. Es akan membuat lilin cepat kering, sehingga lebih mudah dihilangkan. Pembersih ini bisa Anda aplikasikan menggunakan es batu pada permukaan furnitur kayu. Caranya sama, namun agar lapisan kayu tidak rusak, tutupi meja dengan krim atau lotion terlebih dahulu. Setelah itu, keluarkan potongan lilin tersebut dengan menggunakan kartu plastik.

Taruh di freezer

Jika lilin merupakan benda keras dan tidak terlalu besar, Anda dapat memasukkannya ke dalam lemari es. Cara ini juga akan memudahkan Anda menghilangkan noda lilin yang membeku dengan lebih mudah. Setelah noda dihilangkan, cuci lalu bersihkan.

Gunakan Setrika

Lilin merupakan bahan cair yang dapat mengeras dan sebaliknya. Ia juga memiliki sifat yang mudah ditemukan dan dibekukan, oleh karena itu Anda bisa menggunakan bahan penghasil panas sederhana seperti setrika untuk menghilangkan noda tersebut. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu selembar kain lap atau kertas bekas, lalu letakkan di atas tetesan yang sudah membeku. Setelah itu, nyalakan setrika dan biarkan cukup panas. Letakkan setrika di atas kertas lalu tunggu hingga meleleh. Setelah meleleh, cairan akan langsung meresap ke kain atau kertas.

Pengering rambut

Menggunakan pengering rambut atau hairdryer tak kalah mudahnya untuk melelehkan lilin. Cara ini juga lebih aman karena potensi damage item cukup minim. Sayangnya, waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan wax yang mengeras relatif lebih lama. Arahkan saja ujung pengering rambut yang mengeluarkan panas tepat ke noda tetesan lilin. Jangan lupa untuk mengatur panas pengering rambut ke suhu maksimal. Setelah wax meleleh, segera seka permukaan benda tersebut.

Sebenarnya ada satu solusi lagi untuk mengatasi tetesan lilin yang berkerak ini, Solusi tersebut adalah pencegahan.  Ya tentu saja hal ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua, daripada harus menanganinya lebih baik mencegahnya. Caranya ketika harus menggunakan lilin sebaiknya alasi dengan logam seperti nampan stainless. Berhati hati jika menggunakan alas untuk lilin ini, pastikan alas tidak mudah terbakar. Karena jika yang digunakan adalah kayu atau kain tentu akan semakin berbaha. Nantinya kita tidak hanya menangani masalah tetesan lilin lagi, namun juga menangani api. Sebagaimana mestinya kita harus bijak dalam menggunakan beberapa barang. Pastikan barang yang digunakan sesuai dengan fungsi utamanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *