Membersihkan Noda Saos dan Tinta Pada Pakaian

Jasa Poles Marmer Jakarta – Pakaian yang digunakan setiap hari pasti tidak akan pernah luput dari noda. Berbagai macam noda biasanya menempel pada pakaian. Sudah pasti debu dan keringat menjadi noda atau kotoran utama yang ada pada pakaian. Untuk membersihkan noda biasa seperti ini cukup mudah, hanya perlu dilakukan pencucian seperti pada umumnya. Namun bagaimana dengan noda membandel yang sulit atau membutuhkan cara khusus? Noda yang membandel seringkali membuat kita keropotan untuk membersihkannya. Seperti contohnya noda tinta dan noda saos yang jika sudah lama akan menjadi membandel. Untuk itu kita akan membahas bagaimana cara membersihkan kedua noda tersebut.

Membersihkan Noda Saos dan Tinta Pada Pakaian

Membersihkan Noda Tinta

Satu hal yang cukup mengganggu adalah ketika tinta tumpah kemudian mengenai pakaian. Kadang-kadang Anda tanpa sadar mengantongi pulpen Anda, dan tinta merembes melalui kain. Ketika saya menyadarinya, tinta telah membentuk noda pada pakaian. Yang mengganggu, noda tinta sulit dihilangkan. Meski sudah dicuci tetap akan meninggalkan bekas noda.

  • Noda Tinta Berbasis Air

Dari sekian banyak jenis tinta, noda tinta berbahan dasar air cukup mudah dihilangkan. Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan meletakkan pakaian yang terkena noda pada handuk atau kain kering yang bersih. Semprotkan noda dengan air lalu tekan dengan kain atau handuk bersih lainnya. Disarankan bahwa saat mencuci Anda menggunakan air yang sangat panas. Saat menjemur, pastikan pakaian bersih dari paparan alkohol. Noda tinta perlahan akan terserap dan berpindah ke handuk kering. Selain itu, semprotkan sedikit detergen cair pada noda. Peras pakaian di antara handuk selama 3-5 menit. Setelah itu, jika pakaian Anda terbuat dari bahan khusus seperti sutra, cucilah pakaian seperti biasa. Jika noda masih terlihat, ulangi lagi cara di atas, hingga noda tinta benar-benar hilang.

  • Noda Tinta Permanen

Untuk tinta permanen, ini adalah jenis noda yang paling sulit dihilangkan. Khusus untuk kain putih. Metode berikut setidaknya akan membantu sedikit memudarkan noda. Langkah pertama, coba gunakan alkohol. Tempatkan area bernoda pada kain atau handuk bersih dan kering dan semprotkan pada alkohol. Kain di bawah perlahan akan basah dan noda tinta akan terserap. Yang perlu diperhatikan, sebaiknya hindari bagian yang tidak ternoda pada alas handuk agar noda tidak terpapar ke bagian lain. Saat mencuci pastikan Anda membilas hingga bersih, jangan biarkan alkohol menempel pada pakaian. Saran selanjutnya, jika alkohol tidak bekerja dengan baik, coba gunakan penghapus cat kuku. Peringatan, ini agak sulit diterapkan, ada kemungkinan akan merusak kain. Jadi, sebelum langsung mengaplikasikannya, sebaiknya lakukan sedikit pengujian terlebih dahulu pada bagian pakaian yang tersembunyi. Cara pembersihannya sama dengan menggunakan alkohol.

  • Noda Tinta Pulpen

Selain itu, jika tinta berbasis air mudah hilang dan tinta permanen hampir tidak mungkin hilang seluruhnya, maka untuk tinta ballpoint kesulitannya ada di tengah-tengah. Cara menghilangkan tinta pulpen sama dengan cara sebelumnya. Letakkan bagian yang terkena noda pada kain bersih dan kering, semprotkan alkohol pada noda, lalu tekan kembali dengan kain bersih. Setelah proses selesai, cucilah pakaian Anda hingga benar-benar bersih. Direkomendasikan air panas.

Membersihkan Noda Saos

Untuk menambah rasa pedas pada makanan, orang biasanya menambahkan sambal pada makanannya. Atau jika tidak ingin terlalu pedas bisa menggunakan saus tomat. Sebagai penyedap untuk menambah rasa pedas pada makanan, kebanyakan orang menyimpan atau memiliki saus di meja makannya. Apalagi masyarakat Indonesia dikenal suka dengan makanan pedas. Jadi, penggunaan sambalnya sudah tidak asing lagi. Terkadang tanpa sengaja noda akibat paparan saus mengotori pakaian, dan cukup sulit untuk dibersihkan. Tapi jangan khawatir, berikut tips efektif menghilangkan noda saus dari pakaian:

  1. Saat pakaian tumpah dengan saus, lebih baik segera disingkirkan dari pakaian. Anda bisa menggunakan sendok atau bagian belakang pisau mentega. Itu tidak akan merusak pakaian Anda. Langkah-langkah di atas sangat diperlukan, agar saat kita melanjutkan ke tahap selanjutnya, seperti saat menggosok pakaian, noda saus tidak menyebar lebih luas pada serat pakaian.
  2. Siram atau semprot bagian belakang noda dengan air dingin. Ini akan menghilangkan noda pada kain. Hindari menyiram bagian depan noda, karena ini akan semakin merendam noda ke dalam serat. Kemudian jangan gunakan air hangat, karena akan membuat noda saus tomat menempel di pakaian.
  3. Gosokkan deterjen cair pada noda. Untuk pakaian dengan bahan kain lembut, gosok dengan gerakan melingkar, mulai dari luar. Ini akan meminimalkan penyebaran noda. Selanjutnya, bilas pakaian hingga bersih. Penggunaan detergen cair juga bermanfaat untuk menghilangkan beberapa bahan saus yang mengandung minyak.
  4. Jika pakaian Anda berwarna putih, Anda bisa menggunakan pembersih alami yang ringan, seperti cuka putih atau jus lemon. Setelah proses ini, bilas pakaian hingga bersih.
  5. Buka bilasan pertama, lihat pakaian di bawah cahaya terang, apakah noda sudah hilang sama sekali atau belum? Jika Anda masih melihat noda coklat atau merah, ulangi langkah sebelumnya. Noda saus sangat sulit dihilangkan. Pasalnya, jika pakaian masih basah, bisa jadi noda pakaian tersebut sudah benar-benar hilang. Namun setelah mengering, ternyata noda masih tetap ada. Noda kering cenderung menjadi permanen.
  6. Atau jika setelah dibilas, noda masih tertinggal, gosok kembali noda dengan deterjen. Kali ini setelah proses tersebut, rendam pakaian dalam air hangat selama 30 menit. Lalu bilas sampai bersih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *