Tembok Kotor Lebih Baik di Cat Ulang Atau Menggunakan Wallpaper?

Jasa Bersih Kantor – Mungkin sebagian dari anda memiliki rumah yang sudah lama. Nah masalah kebersihan yang paling sering ditemui yaitu tembok mulai kotor. Berbagai macam noda seperti noda spidol, krayon, minyak bahkan mungkin jamur. Masalaha seperti ini sudah menjadi umum di semua hunian. Berbagai macam faktor penyebab timbulnya noda tersebut juga bermacam maca. Nah solusi paling mudah dan praktisnya yaitu dengan membersihkannya. Beberapa bahan rumah tangga yang ada didapur bisa di gunakan. Namun bagaimana jika noda tersebut sudah tidak bisa dihilangkan? Solusinya yaitu dengan pengecatan ulang.

Tembok Kotor Lebih Baik di Cat Ulang Atau Menggunakan Wallpaper

Namun di era sekarang ini ada satu pilihan lagi untuk mengatasi tembok yang bernoda dan tidak dapat dibersihkan. Yang dimaksud dari solusi tersebut adalah wallpaper. Sudah banyak jenis motif dan bahan wallpaper bisa dipilih untuk mengatasi masalah tembok kotor tersebut. selain menjadikannya kembali bersih ruangan akan menjadi menarik dan asik dong. Berbagai macam alternatif bahan yang berbeda-beda memiliki keunggulannya sendiri. Dengan ini tentu saja membuat kita memiliki pilihan selain harus mengecat ulang tembok agar menjadikannya bersih seperti awal dibangun kan.

Pekerjaan dekorasi rumah merupakan hal yang menyenangkan bagi pemiliknya. Ini bisa menjadi kesempatan untuk membuat apa yang ada di pikirannya. Apa rumah idaman yang ingin Anda bangun, dan apa yang harus ada di dalam rumah tersebut. Salah satu bagian dari pekerjaan dekorasi rumah adalah memilih tema warna rumah dan memutuskan apakah akan menggunakan cat tembok konvensional atau sekedar wallpaper. Sebelum memutuskan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini mengenai keduanya.

Penyesuaian Budget atau Modal

Berapa banyak yang Anda miliki untuk hiasan dinding? Ini pertanyaan utamanya. Wallpaper memang memiliki keunggulan motif yang beragam sehingga bisa mempercantik rumah dan setiap ruangan tanpa membutuhkan banyak barang dekoratif lainnya. Namun, wallpaper diketahui (jauh) lebih mahal daripada cat tembok. Hal ini tentunya mengimplikasikan semakin luas area yang akan ditempel wallpaper, tentunya biaya akan semakin mahal. Jika bujet tidak terlalu besar namun tetap ingin menggunakan wallpaper, Anda bisa menentukan beberapa ruangan atau sudut tertentu yang cocok menggunakan wallpaper dan selebihnya menggunakan cat tembok. Ini akan membuat anggaran dekorasi dinding lebih terjangkau daripada menggunakan seluruh wallpaper.

Waktu Yang Harus Dikeluarkan Untuk Pengaplikasiannya

Ada orang yang rela menunggu lama dalam membangun rumah idaman agar saat ditempatinya benar-benar siap dan bersih, namun ada juga yang ingin segera menempati rumah tersebut karena alasan dan kondisi tertentu. Cat tembok atau cat tembok itu murah tapi butuh waktu untuk mengecat dan mengering. Hal ini dikarenakan banyaknya lapisan yang harus digunakan sebelum akhirnya menggunakan cat tembok sesuai warna yang diinginkan pada dinding rumah. Sementara itu, wallpaper diketahui dapat dipasang lebih cepat dan siap digunakan setelah ditempel. Jika ini bisa menjadi pertimbangan mana yang lebih memenuhi kebutuhan Anda saat membangun rumah.

Faktor Ketahanan Terhadap Cuaca

Meski murah, cat tembok memiliki kekurangan yaitu tidak bisa bertahan lama, apalagi jika rumah berada di daerah dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Dari segi estetika, warna cat tembok yang pudar dan kusam tentunya akan membuat rumah tidak indah dipandang. Agar tetap rapi, biasanya pemilik rumah akan mengecat ulang dalam kurun waktu sekitar 3 hingga 5 tahun. Inilah keuntungan tersendiri memasang wallpaper karena wallpaper dikenal memiliki ketahanan yang unggul terhadap cat tembok biasa. Wallpaper ini dapat bertahan minimal 3 tahun, tetapi biasanya optimal untuk digunakan dalam jangka waktu 8 hingga 10 tahun.

Konsep Dalam Sebuah Ruangan

Hal lain yang perlu dipikirkan adalah apakah Anda membutuhkan dekorasi dinding yang sibuk atau tidak. Dekorasi dinding yang ramai memiliki keuntungan karena tidak mengharuskan Anda mengisi ruangan dengan dekorasi tertentu. Ini bisa dibantu dengan menggunakan wallpaper. Sebaliknya, jika Anda lebih suka fokus mendekorasi rumah dengan mengisi ruangan dengan perabot dan dekorasi tertentu, pilih cat tembok yang polos agar ruangan tidak terkesan terlalu ramai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *