Cara Terbaik Membersihkan Wajan

GreenClean.id – Peralatan masak dari besi yang dibumbui dengan baik merupakan salah satu permukaan terbaik untuk memasak karena memanaskan makanan secara merata, baik di atas kompor atau di dalam oven. Meskipun demikian, adalah bahan yang sangat sulit dirawat karena tidak boleh dicuci bersih.

Jadi, bagaimana tepatnya Anda bisa menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makanan dari besi cor tanpa menempelkannya di wastafel atau mesin pencuci piring? Ikuti saran dari para ahli di Good Housekeeping Institute tentang cara membersihkan wajan besi cor, oven Belanda, atau pemanggang untuk memastikan bahwa wajan akan terus memasak makanan Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

 

 

Cara Terbaik Membersihkan Wajan

 

 

Cara Membumbui Wajan
Meskipun menggoda untuk hanya membuang makanan langsung ke dalam wajan dan mulai memasak, wajan memerlukan perawatan sebelum Anda dapat memulai. Bumbui peralatan masak Anda menciptakan permukaan yang bersih untuk memasak sayuran, daging, dan makanan penutup secara merata. Ikuti langkah demi langkah ini – kecuali Anda memilih peralatan masak yang sudah dibumbui, tentunya.

-Cuci peralatan masak baru Anda dengan air sabun panas (satu-satunya waktu yang harus Anda lakukan). Keringkan secara menyeluruh.
-Menggunakan kain yang dibasahi minyak sayur, gosok seluruh permukaan wajan, termasuk bagian luarnya.
-Panaskan secara terbalik dalam oven 350ºF selama satu jam. Matikan oven dan biarkan besi cor benar-benar dingin di dalam oven.

Cara Membersihkan Wajan Setelah Memasak
Semakin lama Anda menggunakan wajan besi, semakin gelap warnanya. Wajan besi cor hitam mengkilap (alias patina dalam dan gelap) adalah tanda bahwa wajan itu dibumbui dengan baik, menambah rasa alami pada hidangan favorit Anda. Meskipun lemak makanan adalah pembangun rasa yang ideal, bersihkan semua sisa makanan — terutama makanan asam – untuk mencegah karat.

Kata bijak: Jangan (kami ulangi: jangan pernah) merendam besi cor dalam air, menaruhnya di mesin cuci piring, atau menggosoknya dengan bantalan gosok logam. Jika tidak, Anda harus mengembalikan bumbu lagi, yang merupakan total waktu yang disedot. Tetapi ketika besi cor Anda perlu disegarkan, ikuti metode pembersihan kering ini:

-Cuci peralatan masak Anda dengan sabun cuci piring dan sikat pencuci piring dari bulu yang kaku, tetapi jangan direndam.
-Kembalikan ke kompor dan nyalakan kompor selama 30 detik atau hingga air mulai menguap.
-Setelah kering, matikan api dan oleskan beberapa tetes minyak sayur ke permukaan bagian dalam menggunakan handuk kertas bersih.
-Setelah dingin, taruh piring kertas atau handuk kertas di mulut wajan Anda untuk menyerap kelembapan dan simpan.

Cara Menghilangkan Karat
Kabar baik: Sangat mudah untuk menghidupkan kembali wajan yang berkarat. Karat benar-benar hasil dari pekerjaan bumbu yang bagus, jadi seharusnya tidak membuat Anda putus asa. Karat profil, jenis yang paling umum, dapat dihilangkan dengan panduan langkah demi langkah ini:

-Gunakan scrubber non-logam untuk menghilangkan karat.
-Cuci dengan sabun cuci piring yang lembut seperti Dawn Ultra Dishwashing Liquid, bilas bersih, dan keringkan dengan handuk bersih.
-Bumbui kembali permukaan dengan melapisi interior dan eksteriornya dengan minyak sayur.

 

Yang Tidak Dapat Dilakukan :

-Jangan taruh wajan Anda di mesin pencuci piring.
-Jangan pernah menggunakan pembersih abrasif atau sikat atau kain yang kasar.
-Jika Anda melihat bintik karat muncul, bersihkan karat dengan hati-hati dan ulangi proses membumbui.
-Membersihkan wajan baja karbon Anda dengan benar akan memastikannya bertahan lebih lama, berapa pun Anda menggunakannya. Dengan memperhatikan proses pembersihan yang cermat, Anda dapat memastikan wajan Anda akan tetap dalam kondisi prima dan akan siap serta menunggu untuk digunakan saat Anda merasa ingin memasak di dalamnya!

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *