Cara Terbaik Membersihkan Tempat Perapian Dirumah

GreenClean.id – Membersihkan perapian Anda bisa menjadi pekerjaan yang berantakan jika tidak dilakukan dengan benar. Abu yang tertinggal di perapian cenderung sangat halus, yang dapat dengan mudah terbawa udara, berpotensi menimbulkan bahaya pernapasan di dalam rumah. Perawatan yang tepat penting untuk mencegah penumpukan hitam pekat di dalam perapian Anda, menyebarkan abu ke seluruh ruang tamu Anda dan mengirimkan debu dan jelaga ke seluruh rumah Anda.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki peredam cerobong asap dengan penutup atas pada cerobong asap Anda, ada kemungkinan sarang burung di cerobong asap Anda. Hal ini dapat mengakibatkan sejumlah parasit dan bakteri berbahaya masuk ke rumah Anda.

Jika digunakan secara teratur, Anda harus membersihkan perapian kayu bakar seminggu sekali. Penggunaan yang jarang harus dibersihkan dengan benar, setiap satu atau dua bulan sekali. Perapian pembakaran gas membutuhkan pembersihan tahunan.

 

Cara Terbaik Membersihkan Tempat Perapian Dirumah

 

Bagaimana Membersihkan Perapian Kayu Bakar
Arah:
-Lindungi area sekitar dengan menutupi furnitur dan karpet di dekatnya dengan kantong sampah atau seprai bekas. Letakkan tempat sampah dengan dua kantong di dekatnya, untuk membuang abu, jelaga, dan kotoran.
-Periksa cerobong asap untuk sarang burung dan kerusakan atau kotoran lain yang perlu ditangani sebelum dibersihkan.
-Hapus andiron, parut, dan bawa ke luar ruangan. Semprotkan dengan Simple Green All-Purpose Cleaner dan gunakan sikat berbulu sedang untuk menghilangkan penumpukan atau endapan karbon yang menempel. Bilas bersih dengan air.
-Hapus puing-puing dari kotak api. Ini adalah area dimana api benar-benar terjadi. Dengan menggunakan sekop perapian, singkirkan abu dan sisa kayu dan tempatkan di tempat sampah. Gunakan sikat kecil atau sikat perapian untuk menyapu dengan lembut bagian dalam cerobong asap dan kotak api. Gunakan sapu atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dan abu yang terlepas.
-Hapus creosote. Endapan kreosot menumpuk dari kayu yang terbakar di perapian Anda. Cegah penumpukan kreosot yang tidak sedap di cerobong asap dengan menyemprotkannya secara menyeluruh menggunakan Simple Green, setinggi yang dapat Anda jangkau dengan aman. Gunakan fitur berbusa pada botol semprotan Simple Green untuk membantu pembersih tetap berada di permukaan lebih lama. Jangan khawatir jika Green Sederhana mengalir ke batu bata di bawah ini – itu akan membantu dalam langkah berikutnya.
-Bersihkan kotak api. Semprot dinding di dalam kotak api Anda dengan Simple Green, dan gunakan sikat berbulu kaku untuk menghilangkan jelaga. Bilas bersih dengan air.
-Bersihkan layar dan pintu perapian. Semprotkan kasa dan pintu perapian dengan Simple Green. Gunakan sikat berbulu sedang untuk menghilangkan penumpukan yang terlihat di layar. Bilas dan keringkan atau keringkan dengan handuk kertas.
-Serap sisa jelaga, pembersih atau air dengan handuk kertas atau kain perca. Ganti andiron dan parut.

Cara Membersihkan Perapian Gas
Arah:
-Matikan katup. Pastikan gas dimatikan.
-Hapus puing-puing. Sedot atau sapu area perapian untuk menghilangkan kotoran, debu, atau serpihan apa pun dari kaca yang Anda temukan.
-Hapus log. Bersihkan log sintetis Anda secara ringan dengan menyemprotkan Pembersih Serba Guna Simple Green di atas tisu dapur dan menyeka permukaannya.
-Bersihkan layar dan pintu kotak api. Semprot kasa dan pintu perapian dengan Simple Green. Gunakan sikat berbulu \ sedang untuk membersihkan sisa-sisa yang terlihat di layar. Ulangi proses ini di dinding dan dasar kotak api sesuai kebutuhan. Bilas dan keringkan atau keringkan dengan handuk kertas.
-Ganti log.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *