Seputar Tentang Perawatan Meja Dapur Tipe Keramik

Jasa Poles Marmer Jakarta – Tidak seperti batu alam, laminasi, atau permukaan padat (terbuat dari debu mineral dan resin), ubin menawarkan kemungkinan kreatif yang tak terbatas untuk meja dapur Anda — mulai dari pola persegi sederhana hingga mosaik yang rumit. Ubin juga bisa dikerjakan sendiri dan ramah anggaran, seperti halnya bahan meja lainnya, memiliki kekurangannya sendiri.

Sebagaimana meja ubin telah ada sejak akhir 1800-an, ketika pembuatan ubin keramik dimulai dengan sungguh-sungguh, mereka tidak berhasil sampai setelah Perang Dunia II, ketika dapur mulai berevolusi dalam ukuran dan fungsi. Tile countertops mencapai puncak popularitas mereka pada tahun 1970-an dan 1980-an, hanya untuk berkurang mendukung material komposit permukaan padat dan peningkatan ketersediaan lempengan batu alam.

Penawaran ubin hari ini termasuk ubin yang dibakar, seperti keramik atau porselen, dan ubin yang dipotong dari batu yang lebih besar, seperti batu tulis, travertine, dan granit. Ada juga ubin kaca yang mencolok di pasaran. Dan sementara ubin terlihat di mana-mana sekarang — di lantai, dinding kamar mandi, bahkan atap — di atas meja dapur, ubin ini tidak hanya berfungsi sebagai elemen desain tetapi juga sebagai permukaan untuk menyiapkan makanan.

Berikut beberapa perihal soal perawatannya yang harus anda ketahui antara lain :

 

 

Seputar Tentang Perawatan Meja Dapur Tipe Keramik

 

 

Segi Desain
Kemampuan membuat motif sederhana atau rumit adalah salah satu daya tarik utama ubin. Saat ini, desain yang lebih populer melibatkan penggabungan ubin yang lebih kecil dalam baris antara yang lebih besar dan memperluas desain ubin yang sama dari meja ke backsplash untuk tampilan yang berkelanjutan. Berbagai jenis ubin dapat digunakan untuk mendapatkan desain khusus dan satu-satunya.

-Ubin keramik dan porselen tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, dari oktagon satu inci hingga kotak 12 inci, dan berbagai bentuk dan ukuran di antaranya. Ubin tepi bundar juga tersedia untuk membuat tepi meja berkontur yang halus.
-Ubin kaca juga tersedia dalam berbagai warna dan gaya serta menghadirkan kualitas tembus pandang seperti permata yang benar-benar menakjubkan. Tetapi ubin kaca sangat rapuh dan paling mudah pecah, salah satu alasan mengapa ubin kaca lebih sering digunakan sebagai backsplash daripada meja.
-Ubin batu, seperti travertine, slate, dan granit, menambahkan sentuhan alami pada dapur atau kamar mandi. Kebanyakan ubin batu tersedia dalam bentuk persegi atau persegi panjang dengan ukuran empat hingga 12 inci.

Tips Menggunakan Pembersih Buatan Sendiri 
Anda dapat menghemat banyak uang dengan memasang meja ubin sendiri, tetapi jika Anda belum pernah mengerjakan materi tersebut sebelumnya, coba amati prosesnya secara langsung sebelum Anda menangani proyek Anda sendiri. Sebagai alternatif, pencarian YouTube akan menampilkan sejumlah video pemasangan ubin yang bisa sangat membantu. Meskipun setiap pekerjaan berbeda, berdasarkan konfigurasi penghitung Anda dan jenis ubin yang Anda pilih, tip berikut akan membantu Anda memulai dengan langkah yang benar.

-Gunakan media yang tepat. Jangan meletakkan ubin di atas dasar kayu lapis. Nat (dan beberapa jenis ubin) menyerap kelembapan, yang akan merembes ke bawah dan melembabkan kayu lapis, akhirnya menyebabkannya mengelupas dan membengkak, yang dapat menyebabkan ubin terangkat dan pecah. Gunakan hanya papan penyangga ubin sebagai media untuk mencegah masalah ini.

-Gunakan gergaji basah ubin komersial. Gergaji ubin yang baik dapat membuat perbedaan antara potongan yang halus dan bersih atau tepi yang dapat terjadi saat Anda mencetak skor secara manual dan mematahkan ubin. Ubin kaca khususnya memiliki kecenderungan untuk pecah atau tergores jika tidak dipotong dengan tepat, dan meja yang sangat terlihat bukanlah tempat untuk ubin yang dipotong dengan buruk.

-Buat tata letak kering di meja Anda. Tata letak kering berarti memposisikan setiap bagian ubin sebelum Anda benar-benar mulai memasang dengan perekat. Anggap saja sebagai uji coba penting.

-Gunakan spacer ubin plastik untuk mencapai sambungan seragam di antara ubin. Pengatur jarak ubin tidak mahal dan tersedia dalam ukuran antara 1/16-inci dan 1/4-inci sehingga Anda dapat menciptakan tampilan profesional apa pun desain Anda.

-Atur ujung potongan ubin ke bagian belakang meja. Ubin hadir dengan tepi pabrik yang halus tetapi setelah Anda memotongnya, ujungnya akan tajam. Posisikan seluruh ubin, bila memungkinkan, di depan dan tengah meja, dan simpan ubin yang dipotong untuk tepi belakang. Backsplash akan menutupi tepi potongan.

-Gunakan hanya perekat yang direkomendasikan oleh produsen ubin. Porcelain misalnya, membutuhkan penggunaan perekat porselen, sedangkan perekat thinset bisa digunakan untuk keramik dan ubin batu alam. Selalu baca dan ikuti persyaratan perekat dari pabriknya.

-Gunakan sekop yang benar untuk menyebarkan perekat. Produsen ubin akan menentukan ukuran sekop berlekuk tertentu. Takik memungkinkan Anda menyebarkan dasar yang seragam, yang akan memastikan bahwa permukaan ubin Anda rata dan rata. Berhati-hatilah dengan penyebaran perekat saat memasang ubin kaca tembus pandang — penyimpangan apa pun akan terlihat.

-Gunakan nat yang tepat. Saat memasang ubin keramik, porselen, atau batu, gunakan nat yang diampelas untuk sambungan yang lebarnya 1/8-inci, atau lebih lebar. Gunakan grout yang tidak diampelas untuk sambungan dengan lebar lebih dari 1/8 inci. Untuk ubin kaca, gunakan hanya nat yang direkomendasikan oleh produsen. Selain itu, dibutuhkan setidaknya 24 jam untuk memasang ubin, jadi pastikan ubin telah benar-benar kering sebelum memasang sambungan.

Masalah Perawatan
Meja ubin relatif mudah dirawat, tetapi mereka membutuhkan perawatan dan pemeliharaan minimum untuk mempertahankan penampilan bagusnya. Berikut yang harus kamu perhatikan dari segi perawatannya :

-Bersihkan meja setelah menyiapkan makan dengan spons basah atau waslap. Gunakan semprotan pembersih dapur serbaguna jika diperlukan untuk menghilangkan lemak atau kotoran yang membandel.

-Hindari penggunaan pembersih berbasis asam seperti cuka atau pembersih komersial yang mengandung asam mineral. Bahan ini dapat merusak permukaan ubin batu dan menghilangkan kilau dari porselen, kaca, atau keramik.

-Gunakan sikat kecil (sikat gigi bekas bekerja dengan baik) untuk membersihkan sisa makanan pada garis nat.

-Segel garis nat setidaknya setahun sekali dengan penyegel nat interior yang kompatibel dengan jenis ubin di atas meja Anda. Sealer berpigmen dapat menodai ubin batu alam.

-Ubin batu memiliki pori-pori dan harus ditutup satu atau dua kali setahun untuk melindunginya dari noda.

-Segera bersihkan tumpahan. Karena nat — dan beberapa jenis ubin, seperti batu — memiliki pori-pori, nat dapat menyerap cairan dan tetap lembap, meningkatkan risiko tumbuhnya jamur atau lumut.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *