Tips Pembersihan Dan Perawatan Pakaian Berbahan Corduroy

GreenClean.id – Corduroy adalah kain yang kokoh dan tahan lama yang membutuhkan sedikit perawatan ekstra agar tetap terlihat terbaik. Corduroy sejati terbuat dari serat kapas dan ditenun untuk memiliki tali, wales, ridges, atau rusuk memanjang dengan tumpukan tidur di setiap punggung bukit yang mirip dengan beludru. Ada kain korduroi yang mengandung serat poliester, campuran katun / poli yang mengurangi kerutan.

Lebar kabel atau tonjolan disebut sebagai ukuran wale dan diukur dengan jumlah kabel per inci. Nomor wale yang lebih rendah berarti kabelnya jauh lebih tebal dan menawarkan hasil akhir yang lebih lembut dan lebih empuk pada kain. Kain dapat bervariasi antara satu dan setengah wales per inci hingga 21. Wales terluas paling sering ditemukan pada kain home furnishing yang digunakan untuk pelapis atau bantal.

Untuk pakaian, wales yang lebih lebar biasanya ditemukan di celana dan jaket berstruktur, sedangkan kemeja sering kali dibuat dari korduroi yang bergelombang.

Kebanyakan korduroi dapat dicuci dengan mesin dengan air dingin atau hangat. Hindari air yang terlalu panas yang bisa menyebabkan penyusutan. Namun, penting untuk memeriksa label perawatan pakaian tersebut terlebih dahulu. Beberapa pakaian korduroi terstruktur seperti jaket hanya boleh dicuci kering. Jika kain luarnya adalah katun dan bisa dicuci, bahan bagian dalam yang membantu pakaian menahan bentuknya bisa dihancurkan dengan mencuci. Ini bukanlah sesuatu yang dapat dibalik atau diperbaiki dengan mudah. Anda dapat menggunakan kit pembersih kering rumah untuk menyegarkan jaket korduroi dry clean saja dan membantu menghilangkan noda dan bau di permukaan.

 

Tips Pembersihan Dan Perawatan Pakaian Berbahan Corduroy

 

 

Tips Mencuci dan Mengeringkan Korduroi
-Perawatan khusus akan membantu menjaga tumpukan agar tidak hancur atau terdistorsi. Kancing atau ritsleting pakaian dan balikkan pakaian korduroi sebelum dicuci untuk mengurangi anyaman pada tumpukan dan kerutan pada kain.

-Jangan membebani mesin cuci secara berlebihan saat mencuci pakaian korduroi karena dapat menyebabkan kerutan yang berlebihan.

-Untuk kain korduroi berwarna gelap, gunakan air dingin. Warna putih atau pastel bisa dicuci dengan air hangat. Selalu sortir pakaian dengan benar, dan jangan pernah mencuci korduroi dengan kain yang menghasilkan banyak serat seperti kain terry, bulu domba, atau kain kempa. Corduroy suka memegang serat!

-Untuk hasil terbaik, kibaskan pakaian setelah dikeluarkan dari mesin cuci. Turunkan selama sekitar 10 menit dengan api kecil untuk menghilangkan kerutan. Lepaskan korduroi dari pengering saat masih lembap. Jahitan halus, saku, dan tatakan kemeja serta gantungan baju untuk menyelesaikan pengeringan udara. Jika tumpukannya rata, bisa dihidupkan kembali dengan menyikat lembut menggunakan sikat pakaian berbulu lembut lalu dibiarkan mengeringkan.

-Jika Anda membiarkan pakaian mengering dengan sendirinya, Anda mungkin tidak perlu menyetrikanya. Jika Anda melakukannya, pastikan untuk menyetrika hanya pada sisi kain yang salah. Gunakan api sedang-tinggi dan jangan biarkan setrika di satu tempat terlalu lama atau Anda akan menghancurkan tidur siang dan Anda akan memiliki jejak besi pada kain.

Cara Menghapus Serat Dari Corduroy
Kecelakaan terjadi dan tisu tertinggal di saku celana saat terlempar ke mesin cuci. Untuk kain korduroi atau kain tidur siang lainnya, serat bengkok yang terasa sangat mewah juga suka digenggam pada serat.

Setelah mencuci, balik pakaian dan Anda biasanya bisa menghemat hari dengan mengambil gumpalan terbesar sebelum memasukkan beban ke dalam pengering. Pelindung serat pengering akan menangkap sebagian besar potongan kecil. Lepaskan pakaian saat masih sedikit lembap dan kibaskan pakaian untuk menghilangkan bagian yang menempel.Gunakan sikat pakaian pada kain lembab untuk menangkap bagian yang masih tersangkut di kain. Untuk korduroi yang halus, gunakan rol serat atau potongan pita kemasan yang dililitkan di tangan Anda.

Jika Anda masih memiliki serat, masukkan kembali pakaian ke dalam mesin cuci. Tambahkan satu cangkir cuka suling putih dan jalankan item melalui siklus bilas. Cuka akan membantu serat kain menjadi rileks dan melepaskan serat. Tempatkan pakaian basah di pengering dengan beberapa kain mikrofiber (serat akan menempel pada kain mikrofiber) dan turunkan hingga agak lembap. Hapus dari pengering dan gunakan sikat pakaian atau roller serat lengket untuk menghilangkan sisa serat.

Jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci ulang setelah terjadi kesalahan besar pada serat, semprot pakaian dengan semprotan anti-statik lalu sikat dengan roller serat atau spons selulosa yang kering.Pastikan untuk membersihkan filter pengering Anda dan periksa mesin cuci Anda apakah ada sisa tisu. Bersihkan untuk mencegah lebih banyak masalah!

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *