Tips Membersihkan Karpet Di Lantai Kayu Keras

GreenClean – Permadani area menambahkan sentuhan dekorator ke ruangan, membantu menentukan ruang, dan menambah kehangatan di bawah kaki. Apakah itu terbuat dari wol, rumput alami, atau serat sintetis, pada akhirnya harus dibersihkan. Membersihkan permadani pada lantai kayu keras sedikit lebih rumit daripada membersihkan permadani yang diletakkan di atas karpet dari dinding ke dinding. Melindungi kayu keras sama pentingnya dengan membersihkan permadani dengan benar.

 

 

Tips Membersihkan Karpet Di Lantai Kayu Keras

 

 

Seberapa Sering Membersihkan Permadani Di Lantai Kayu Keras
Permadani area harus disedot setidaknya setiap minggu, idealnya, beberapa kali seminggu untuk mencegah debu dan kotoran masuk lebih dalam ke dalam serat dan untuk mengangkat serat yang kusut. Jika pasir dan kotoran dibiarkan masuk ke dalam serat, bagian belakangnya bisa rusak dan bahkan kayu keras bisa berakhir dengan goresan.

Tumpahan cairan dan kecelakaan hewan peliharaan harus segera dibersihkan. Kelembapan dapat meresap melalui permadani dan bantalan pelindung di bawahnya ke lantai kayu keras. Kelembapan akan terperangkap dan meninggalkan bekas air pada kayu yang sangat sulit dihilangkan.

Setiap permadani harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya dua kali setahun dan lebih sering jika lalu lintas pejalan kaki padat.

Yang anda perlukan :
– Sikat berbulu lembut
– Kekosongan
– Mangkuk kecil
– Kain mikrofiber
– Terpal atau terpal plastik
– Sponge mop
– Handuk mandi tua
– Pembersih uap

Bahan
– Soda kue
– Cairan pencuci piring
– Pemutih berbahan dasar oksigen
– Penghilang noda karpet
-Sampo karpet

Langkah-langkahnya :
Sedot Kotoran Dengan Vakum
Baik bersiap untuk melakukan pembersihan menyeluruh atau hanya perawatan rutin, sedot karpet dengan penyedot debu yang dilengkapi bar pemukul karpet untuk melonggarkan dan menyedot kotoran. Jika permadani berukuran kecil, sedot bagian atasnya dan balik permadani untuk menyedot bagian bawahnya.Jika memungkinkan, keluarkan bantalan di luar dan goyangkan dengan baik dan sedot debu atau pel debu pada lantai kayu di bawah permadani.

Bersihkan noda
Untuk noda kecil, letakkan taplak meja plastik atau alas piring di bawah area yang terkena di atas alas karpet. Ini akan melindungi lantai kayu dari kelembaban.

Berbagai jenis noda terutama kotoran dan noda makanan dapat dihilangkan dengan membersihkan noda dengan larutan satu sendok teh cairan pencuci piring yang dicampur dengan dua gelas air hangat. Oleskan larutan ke area bernoda dengan sikat berbulu lembut. Biarkan bekerja selama sekitar 10 menit dan kemudian bersihkan air kotor dan noda dengan kain bersih. Celupkan kain bersih ke dalam air bersih dan tepuk-tepuk area tersebut untuk membilas sisa larutan sabun.

Jika noda masih terlihat, campurkan larutan air hangat dan pemutih berbasis oksigen dengan mengikuti petunjuk label produk. Oleskan langsung ke area bernoda dan biarkan selama satu hingga dua jam untuk meringankan noda dengan lembut.

Untuk mempercepat pengeringan setelah pembersihan noda, tambah area karpet yang sudah dibersihkan dengan buku atau mangkuk plastik untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Menghilangkan Bau di Karpet
Untuk mencerahkan dan menghilangkan bau dari permadani, taburi seluruh permukaan karpet dengan soda kue. Jika tumpukannya panjang atau empuk, gunakan kain pel spons untuk mengoleskan soda kue dengan lembut ke dalam serat hingga bagian belakangnya.

Biarkan soda kue tetap berada di karpet selama beberapa jam — paling baik semalaman — lalu sedot debu. Soda kue akan menyerap bau dan sifat abrasif yang lembut dapat melonggarkan tanah yang akan disedot.

Siapkan Ruang untuk Pembersihan Permadani Area Secara Menyeluruh
Jika permadani perlu dibersihkan secara menyeluruh dan tidak dapat dipindahkan ke area dengan lantai vinil, keramik, atau batu, kayu keras harus dilindungi.

-Gulung karpet dan pindahkan ke satu sisi.
-Gulung bantalan karpet dan pindah ke satu sisi.
-Vakum atau pel kering pada lantai kayu keras untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang dapat menyebabkan goresan
-Taruh terpal plastik atau terpal plastik yang lebih besar dari permadani ke lantai kayu keras. Amankan plastik dengan selotip.
-Buka area permadani di atas terpal plastik.

Bersihkan Dengan Shampo dan Pel Karpet
Baca label sampo karpet untuk mengetahui apakah harus diencerkan atau bisa digunakan langsung dari botol.

Oleskan sampo dengan pel spons atau sikat berbulu lembut. Gunakan secukupnya untuk membasahi karpet sepenuhnya, tetapi jangan terlalu banyak cairan sehingga karpet terlalu jenuh.

Gunakan sikat di area yang sangat bernoda untuk membersihkan noda tanah.Akhiri dengan mencelupkan kain pel ke dalam air bersih dan membilas serat untuk menghilangkan sisa sabun. Gantilah air bilasan sesering mungkin sampai tidak ada lagi kotoran atau busa yang muncul.

Bersihkan Dengan Steamer Karpet
Setelah menyiapkan ruangan, permadani dapat dibersihkan dengan pengukus karpet rumah atau sewaan. Ikuti petunjuk dan gunakan larutan pembersih yang disetujui yang direkomendasikan oleh produsen pengukus.

Keringkan Karpet yang Telah Dibersihkan
Buka jendela, nyalakan kipas langit-langit atau tambahkan kipas sirkulasi ke area tersebut untuk meningkatkan aliran udara dan mempercepat pengeringan. Saat permukaan terasa kering, balik karpet dan biarkan alasnya mengering.

Bergantung pada ukuran permadani, waktu pengeringan bisa mencapai 48 jam. Anda harus bersabar dan memastikan bahwa karpet benar-benar kering sebelum memasangnya kembali di lantai kayu keras.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *