Tips Membersihkan Dan Perawatan Buku

Jasa Bersih Kantor – Meskipun Anda telah menggunakan audio atau ebook, kebanyakan dari kita masih memiliki beberapa buku bersampul tebal atau bersampul tipis di rumah kita. Sayangnya, salah satu kelemahan dari memiliki buku fisik adalah dapat mengumpulkan debu dan menjadi kotor serta rusak. Baik Anda menggunakan buku untuk pajangan atau bahan bacaan yang bergaya, mengetahui cara merawatnya dengan benar akan menjaganya dalam kondisi prima selama bertahun-tahun yang akan datang.Salah satu faktor perusak terbesar buku adalah debu. Saat terakumulasi, akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada kertas dan sampul karena unsur asam yang berbahaya.

Buku harus dibersihkan setiap minggu dengan kemoceng yang bagus, kuas yang lembut, atau penyedotan yang lembut. Saat membersihkan debu, Anda dapat memeriksa buku untuk mencari masalah seperti jamur yang harus segera diatasi. Jika buku rusak karena air atau asap yang berlebihan, buku itu harus dibersihkan secepat mungkin. Berikut tipsnya :

Yang anda butuhkan :
– Kanji dr tepung jagung
– Sabun pelana
– Soda kue atau arang aktif
– Kertas lilin

Alat *
– Spons karet vulkanisir (spon jelaga)
– Masker pelindung dan pakaian
– Kertas tisu
– Penghapus permen karet seni
– Duster, kuas atau vakum
– Kantong dan wadah plastik tertutup

 

Tips Membersihkan Dan Perawatan Buku

 

 

Langkah-langkahnya :

1. Cara Menghilangkan Debu, Gemuk, dan Kotoran Dari Buku
Mengandung Debu
Karena debu adalah musuh, penting untuk menahan debu saat Anda bekerja. Pilih kemoceng elektrostatis yang bagus seperti serat mikro atau bulu domba atau penyedot debu yang akan memerangkap debu dan mencegahnya berserakan. Untuk mencegah penyedot debu merusak buku yang rapuh, letakkan sepotong kain katun tipis di atas nosel selang untuk mengurangi isapan.

Untuk membersihkan buku secara menyeluruh, debu dan kemudian lepaskan jaket debu untuk menghilangkan debu pada penjilidan atau penutup. Balik buku di punggungnya dan bersihkan debu dan kotoran di antara halaman-halamannya. Jangan lupa untuk membersihkan debu di rak buku, rak, atau meja tempat Anda menyimpan buku.

Hapus Noda Dari Buku
Untuk noda dari tangan kotor atau bekas pensil yang tersesat, gunakan penghapus karet seni untuk menggosok tanah dengan lembut. Untuk tanah yang lebih berat, arsiparis menggunakan produk yang disebut Absorene, bahan seperti dempul yang menghilangkan kotoran dari kertas.

Hapus Noda Gemuk
Jika Anda melihat noda minyak di sampul atau halaman buku, taburi dengan tepung maizena. Taburi tepung maizena dengan handuk kertas putih polos dan tutup buku. Timbang dengan buku lain dan tunggu selama 24 jam. Tepung jagung dan tisu akan menyerap minyak. Bersihkan atau bersihkan tepung maizena. Jika masih ada noda, ulangi langkah-langkahnya.

Periksa Kerusakan Akibat Serangga
Jika Anda melihat aktivitas serangga dari gegat atau makhluk lainnya, segera periksa seluruh koleksi Anda. Buku-buku yang terkena dampak harus ditempatkan dalam kantong plastik yang dapat ditutup dan disimpan di freezer setidaknya selama 24 jam untuk membunuh serangga. Seluruh area harus disedot dengan baik dan dirawat dengan pestisida kimia atau organik.

2. Cara Membersihkan Buku Sampul Kertas dan Buku Berikat Kulit
Untuk sampul kain dan kertas, gunakan teknik pembersihan yang sama untuk noda, gemuk, dan kotoran. Untuk buku bersampul kulit, jika sampul sangat kotor, campurkan larutan sabun pelana dan air mengikuti petunjuk produk. Celupkan kain lembut ke dalam larutan dan peras sebagian besar kelembapannya. Gunakan kain lembab untuk menyeka ikatan kulit. Akhiri dengan menggosok dengan kain lembut dan kering.

3. Cara Membersihkan Buku Rusak Asap dan Kelembaban

Buku yang disimpan di ruangan yang memiliki perapian atau jika ada api kecil dapat merusak buku karena asap dan jelaga. Setelah membersihkan debu sepenuhnya, gunakan spons karet vulkanisir, dijual sebagai spons jelaga, untuk menghilangkan jelaga. Iris spons menjadi wafer tipis agar permukaan pembersihnya terlihat sebanyak mungkin.

Bekerja dari tengah setiap halaman ke arah tepi, seka perlahan permukaan yang bernoda jelaga dengan spons kering. Jelaga akan dipindahkan dari halaman ke spons. Teruslah berpindah ke area spons yang bersih karena jelaga terserap. Jika permukaan spons tidak bersih, buang dan ambil potongan yang baru.

Jika buku berbau berasap, letakkan di wadah plastik tertutup dengan setidaknya satu cangkir soda kue atau arang aktif. Tutup wadah dan biarkan selama setidaknya satu minggu. Periksa buku dan ulangi langkah-langkah yang diperlukan. Udara segar, jauh dari sinar matahari langsung juga akan menghilangkan bau berasap.

Tips Mengatasi Kerusakan Akibat Lembab
Jika buku terasa lembap tetapi tidak berjamur, kipas halaman dan taburi dengan tepung maizena kemudian tempatkan di tempat yang berventilasi baik untuk mengeringkan. Jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas tinggi. Gunakan kipas sirkulasi untuk menggerakkan udara lebih cepat.

Cara Menghilangkan Jamur
Jika jamur sudah menempel di buku, pisahkan buku berjamur tersebut dalam kantong plastik yang dapat ditutup untuk mencegah kontaminasi barang lainnya. Tambahkan blotters kering atau tepung maizena untuk membantu mengeringkan buku. Jamur yang terlalu basah tidak dapat dihilangkan tanpa noda.

Saat buku sudah kering (biasanya membutuhkan waktu paling sedikit seminggu), buku siap untuk dibersihkan. Siapkan ruang pembersih dengan meletakkan beberapa kertas minyak atau kertas koran biasa di bawah buku. Ini akan membantu menangkap spora jamur dan mencegahnya menyebar. Makalah ini akan dibuang.

Anda harus memakai masker pelindung untuk mencegah spora terhirup. Sarung tangan sekali pakai dan pakaian lengan panjang juga merupakan ide yang bagus. Spora jamur mudah menyebar dan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan dan barang-barang Anda.

Sekali lagi, gunakan spons karet vulkanisir kering (spons jelaga) untuk membersihkan spora jamur yang berjamur. Saat jamur berpindah ke spons, pindahkan ke area yang bersih atau bagian spons yang baru.

Mulailah dari tengah halaman dan pindah ke tepi. Prosesnya sangat lambat dan tidak akan menghilangkan semua noda tetapi akan menghilangkan spora dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Buang spons, sarung tangan, dan kertas lilin ke dalam kantong plastik tertutup dan bawa langsung ke tempat sampah luar ruangan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *