Tips Membersihkan Mesin Cuci Tipe Pintu Atas

GreenClean – Bahkan dengan galon air yang mengalir melalui mesin cuci dengan setiap beban cucian, tetap perlu dibersihkan. Setiap muatan pakaian kotor menyisakan sedikit tanah, bakteri, endapan mineral dari air, dan residu dari deterjen dan pelembut kain. Residu yang tertinggal di mesin cuci dapat menimbulkan bau, makanan untuk tumbuhnya jamur, garis putih pada pakaian gelap, dan membuat semua kain tampak kusam atau abu-abu. Meskipun washer muatan depan memiliki reputasi untuk penumpukan yang menyebabkan bau, mesin cuci tipe pintu atas dengan efisiensi tinggi dan standar dapat menimbulkan masalah yang sama dan harus dibersihkan secara teratur.

Setiap jenis mesin cuci tipe pintu atas harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya dua kali setahun. Jika Anda memiliki dispenser otomatis dan menggunakannya untuk setiap muatan, dispenser tersebut harus dibersihkan setiap bulan untuk mencegah penyumbatan. Karena endapan mineral yang sama yang terbentuk di bak cuci juga dapat menyumbat selang mesin cuci, jika Anda tinggal di daerah dengan air sadah, Anda harus membersihkan mesin cuci setiap tiga bulan.

Karena mesin cuci tipe pintu atas berefisiensi tinggi menggunakan lebih sedikit air daripada mesin muatan atas standar dengan agitator tengah, maka mesin cuci tipe pintu atas harus lebih sering dibersihkan — setidaknya setiap tiga bulan. Jika cucian Anda sangat kotor dengan minyak atau kotoran atau jika Anda tinggal di daerah yang panas dan lembab di mana jamur menjadi masalah, disarankan untuk membersihkannya setiap bulan.

Jika seseorang di rumah Anda sakit atau memiliki sistem kekebalan yang lemah, sementara kemungkinan kontaminasi dari bakteri atau virus rendah jika pakaian dikeringkan dengan panas tinggi, luangkan waktu untuk membersihkan mesin cuci lebih sering.

Yang diperlukan :
-Kain mikrofiber
– Sikat gigi tua atau sikat kecil
– Gelas pengukur
– Mangkuk kecil
– Microwave atau kompor
– Sink atau ember
– Panci kecil

Bahan
– Pemutih klorin
– Cuka putih suling
– Cairan pencuci piring

 

 

Tips Membersihkan Mesin Cuci Tipe Pintu Atas

 

 

Langkah-langkahnya :
-Kosongkan Bagian Washer
Periksa untuk memastikan drum mesin cuci benar-benar kosong dari pakaian. Dispenser juga harus dikosongkan tanpa detergen atau pelembut kain di reservoir.

-Pilih Pengaturan Suhu dan Siklus Air
Atur suhu air ke pengaturan air terpanas. Pilih pengaturan muatan terbesar dan siklus pencucian terpanjang yang tersedia.

-Isi Mesin Cuci Dengan Air
Biarkan drum mesin cuci terisi dengan air panas tetapi hentikan siklus sebelum mulai bergetar.

-Tambahkan Pemutih Klorin
Tambahkan satu liter (empat cangkir) pemutih klorin cair ke dalam drum mesin cuci.

-Membersihkan secara total
Biarkan mesin cuci menjalani siklus pencucian, bilas, dan putaran terlama. Penting agar pemutih klorin dihilangkan seluruhnya sebelum langkah berikutnya.

-Gunakan Deterjen Pelembut Kain yang Bersih
Jika dispenser Anda tidak dapat dilepas, panaskan satu cangkir cuka putih suling dalam cangkir yang dapat microwave atau dalam wajan kecil di atas kompor. Ini harus sangat hangat tetapi tidak perlu mendidih. Tuangkan cuka panas ke dalam dispenser dan diamkan setidaknya selama 15 menit untuk menghilangkan sisa-sisa.

Jika dispenser dapat dilepas, dispenser dapat direndam di wastafel atau ember besar yang berisi air panas. Tambahkan satu cangkir cuka putih suling yang dipanaskan dan biarkan terendam selama 15 menit.

Setelah 15 menit perendaman, gunakan sikat gigi bekas atau sikat botol kecil untuk menghilangkan sisa yang Anda lihat di dispenser.Ganti dispenser yang bisa dilepas di mesin cuci sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

-Isi Mesin Cuci Lagi Dengan Air Panas
Dengan dispenser yang baru dibersihkan di tempatnya, isi kembali drum mesin cuci dengan air panas. Pastikan pengaturannya masih pada muatan besar dan siklus pencucian terpanjang. Hentikan siklus sebelum mesin cuci mulai bergerak.

-Tambahkan Cuka Putih Distilasi
Tambahkan satu liter (empat cangkir) cuka putih suling ke dalam air panas di dalam drum.

-Selesaikan Siklus Cuci dan Peras
Biarkan mesin cuci menyelesaikan siklus pencucian, pemerasan, dan pembuangan.

-Bersihkan Rangka Luar Mesin Cuci
Sekarang bagian dalam mesin cuci Anda segar dan bersih, luangkan waktu untuk menyeka rumah luar. Campur larutan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring. Celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan dan peras sebagian besar airnya.

Seka debu, kotoran, dan tetesan produk laundry dari bagian atas dan samping mesin cuci. Berikan perhatian ekstra pada kenop dan panel elektronik.

Buka tutupnya dan celupkan sikat gigi bekas ke dalam larutan pembersih untuk masuk ke sudut dan tempat yang rapat di tutupnya.

Tip Untuk Menjaga Mesin Cuci Tipe Pintu Atas Awet
-Jika Anda tinggal di daerah yang lembab, biarkan tutupnya terbuka setelah diisi agar drum dan segelnya mengering dan mengurangi risiko tumbuhnya jamur dan lumut.
-Jangan pernah meletakkan produk cucian di atas mesin cuci kapan saja. Tumpahan dapat merusak kontrol elektronik.
-Gunakan senter untuk memeriksa keranjang pencuci Anda dengan hati-hati untuk mencari keripik yang dapat meninggalkan noda karat pada pakaian. Kit perbaikan tersedia untuk mengecat ulang lapisan porselen. Ikuti petunjuk dengan hati-hati untuk memperpanjang umur mesin cuci

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *