Mobil Ini Prototipe Nya Ditemukan Kembali Padahal Sudah 40 Tahun Lamannya

Berita Terbaru Otomotif – Wes Eisenschenk hampir tidak bisa mempercayai matanya ketika dia memasukkan nomor seri ke Google pada tahun 2016 dan menemukan prototipe Ford 1969 yang lama hilang . “Itu dia, prototipe Ford Boss Bronco 1969 yang hilang, dalam daftar eBay yang sudah kadaluwarsa.” Bos Bronco? Ya, Ford membangun, di perusahaan klandestin legendarisnya Kar-Kraft, prototipe Boss Bronco berkinerja tinggi pada tahun 1969. Mesin ini menampilkan cetak biru 1969 GT 350 Shelby , sebuah Hi-Po C4 otomatis, dan 4,11 gigi selip terbatas depan dan belakang di antara detail yang benar-benar berotot lainnya. Dan entah bagaimana itu bertahan di bawah radar selama lebih dari 40 tahun dalam kondisi asli yang fantastis.

Mobil Ini Prototipe Nya Ditemukan Kembali Padahal Sudah 40 Tahun Lamannya

Wes adalah editor di CarTech, penerbit yang menghasilkan buku, ” Kar-Kraft: Mobil Balap, Prototipe, dan Otot Mobil dari Program Kegiatan Kendaraan Khusus Ford ,” oleh Charlie Henry. Penelitian untuk buku ini mengeruk VIN untuk prototipe Bos Bronco, yang dibangun untuk membuktikan konsep produksi Bronco berkinerja tinggi untuk Presiden Ford saat itu Bunkie Knudsen, yang dengan kohortnya dari GM, Larry Shinoda, sebagian besar bertanggung jawab untuk Ford. Program Boss Mustang asli tahun 1969-1971.

Tim di Kar-Kraft mulai dengan 1969 Bronco Sport yang dilengkapi khusus yang dikirimkan kepada mereka langsung dari jalur perakitan Ford. Itu dilengkapi dengan gigi 302 V-8, 4,11 dengan slip terbatas, dan — sepertinya bukan kebetulan — diselesaikan dengan cat Empire yang langka, warna kuning yang cocok dengan apa yang dikenal sebagai warna favorit Knudsen. Bagaimanapun, tidak ada yang sakral ketika ingin memiliki prototipe yang disetujui oleh Bos!

Untuk memastikan proyek ini, awalnya hanya disebut sebagai Bronco Khusus dalam dokumen internal, akan menjadi segalanya seperti Bronco berkinerja tinggi, Kar-Kraft juga memanggil Bill Stroppe untuk mengawasi upaya pembuatan truk khusus ini. Stroppe, yang menjalankan tim balap off-road Ford, tentu memiliki lebih dari cukup pengalaman untuk mengetahui apa yang diperlukan untuk membangun Bronco yang benar setelah menurunkan tim mereka untuk meraih kemenangan bagi Ford.

Di antara modifikasi yang dipilih oleh tim Kar-Kraft dan Stroppe untuk Special Bronco, yang segera dinamai Bos Bronco, seolah-olah untuk menyatukan dengan jajaran mobil Boss Ford yang ada di luar sekadar penghormatan yang jelas kepada Knudsen, menambah kekuatan. . Ini dicapai dengan menukar motor Windsor 1969 GT 350 210-S-kode 351 empat-barel 1969, meskipun yang disediakan untuk Bos Bronco oleh Ford juga seimbang dan cetak biru, sama seperti mesin “cadangan tulang” yang digunakan untuk jalan majalah. mobil uji kembali pada hari itu. Itu dihembuskan melalui knalpot ganda benar dengan muffler glasspack. Mencadangkan lebih dari 351W yang dipanaskan ini adalah adaptor buatan Kar-Kraft yang memungkinkan transmisi otomatis Hi-Po C4 juga dipasang, transmisi otomatis pertama yang dipasang di Bronco oleh Ford.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *