Rumah Industri Mobil Di Eropa Saat Ini Memang Dalam Keadaan Yang Kurang Baik

Berita Terbaru Otomotif – b VW, Kia, PSA, atau Jaguar Land Rover: Sementara itu, semua produsen mobil di pabrik mereka di Slovakia telah melanjutkan produksi. Negara Eropa Tengah berusaha bersinar dalam krisis Corona dengan tingkat infeksi yang relatif rendah. Pemerintah di Bratislava menutup perbatasan sejak dini dan mewajibkan sekitar lima setengah juta orang Slowakia mengenakan masker wajah pada pertengahan Maret.

Rumah Industri Mobil Di Eropa Saat Ini Memang Dalam Keadaan Yang Kurang Baik

Slovakia juga merupakan negaara teladan dalam hal pertumbuhan ekonomi. Sejak 1998, ketika perdana menteri otoriter Vladimír Meciar harus mengundurkan diri, produk domestik bruto (PDB) telah hampir berlipat lima. Selama periode ini, kemakmuran tumbuh melebihi  negara tetangga Polandia, Hongaria, dan Republik Ceko. Kenaikan ini disebabkan oleh kebijakan ekonomi liberal Perdana Menteri Mikuláš Dzurinda, yang menjabat dari tahun 1998 hingga 2006, yang pernah menggambarkan industri otomotif sebagai “mesin ekonomi Slovakia” dan memancingnya masuk ke negara itu dengan cara seperti pajak tetap. Pengganti sosial demokratnya, Robert Fico, juga berkampanye untuk kepentingan pembuat mobil itu, kendati ada retorika populis sayap kirinya.

Perkiraan penurunan PDB
Sekarang awan gelap berkumpul di atas Tatras. Perhentian jangka pendek dalam produksi dan tingkat pengangguran yang naik satu setengah poin persentase dari bulan Maret hingga April menjadi 6,57 persen bisa menjadi pertanda badai besar. “Kami benar-benar bergantung pada permintaan global,” kata Radovan Durana dari Institute for Economic and Social Studies di Bratislava. Karena pasar otomotif global telah jatuh pandemi, itu akan melukai Slovakia sebagai negara dengan produksi kendaraan per kapita tertinggi di dunia. Durana berbicara tentang “ketidakpastian besar”. Prakiraan memprediksi 30 persen lebih sedikit penjualan mobil di seluruh dunia tahun ini dibandingkan tahun 2019. Itu saja akan menekan GDP Slovakia sebesar 4 persen. Selain itu, setelah dimulai kembali, produksi masih jauh di bawah kapasitasnya.

Presiden mengangkat alarm
Jumat lalu, Presiden Zuzana Caputová membunyikan alarm tentang ketergantungan Slovakia pada industri otomotif. Dia mengatakan di Parlemen Slovakia: “Fakta bahwa Slovakia adalah bengkel untuk pasar otomotif global harus dilihat sebagai periode transisi yang memiliki kelebihan, tetapi kita harus melepaskannya dengan menggunakan lingkungan bisnis domestik sebagai tempat pengembangan, inovasi dan Dukung modernisasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *